Menikmati Ziarah ke Makam Raja Pakualaman di Giri Gondo

 

Selain Keraton Yogyakarta, di Yogyakarta terdapat pula sebuah keraton yang merupakan pecahan dari Keraton Yogyakarta yaitu Pura Pakualaman. Kerajaan ini yang dipimpin oleh seorang adipati yaitu Adipati Pakualaman. Berbeda dengan saudara tuanya yang memakamkan rajanya di Imogiri Pura Pakualaman memilih tempat yang berbeda yaitu di Pasarean Giri Gondo atau Astana Giri Gondo.

Komplek pemakaman raja Pura Pakualaman ini didirikan pada tahun 1900 pada era Paku Alam V. Di prasasti yang terletak di pintu gerbang halaman atau teras terdapat angka tahun pembuatan komplek ini. Di sini bersemayam Raja Pakualaman mulai dari Paku Alam V hingga Paku Alam IX.  Raja Paku Alam sebelumnya dimakankan di Pasarean Hastana Kitha Ageng yang berada di Kotagede. Dipilihnya lokasi komplek pemakaman ini karena Paku Alam V ingin menghormati ibudanya yaitu Garwo Ampeyan Raden Ayu Resminingdyah yang berasal dari Trayu, Tirtarahayu, Galur, Kulon Progo. Untuk sampai ke atas komplek wisatawan harus mendaki anak tangga jumlahnya sekitar 258 buah.

Komplek Makam

Di Komplek pemakaman ini terdapat 6 teras besar yang mana di setiap teras tersebut dihubungkan dengan tangga atau trab. Teras pertama adalah teras paling tinggi dan dikelilingi tembok berpagar besi dengan tinggi 2,40 meter. Di lokasi ini juga terdapat gapura yang pintu gerbangnya terbuat dari besi. Area teras satu luasnya sekitar 3,2 x 2,155 meter, disini terdapat makam keluarga Pakualaman seperti isteri, anak dan menantu yang jumlahnya 32 makam di area ini. Teras 2 berlokasi di selatan teras 1 dan berisikan delapan buah makam. Di teras 3 terdapat dua buah makam, teras 4 tiga buah makam, teras 5 tidak ada makamnya dan teras 6 terdapat tujuh buah makam.

Bagi wisatawan yang ingin wisata di lokasi ini tidak dipungut bayaran. Mereka dapat berziarah di komplek pemakam ini serta bisa menikmati keindahan yang ada di kawasan ini.  Komplek ini terdapat di sebuah bukit yang ada di Pegunungan Menoreh sehingga menghadirkan pemandangan yang indah. Objek wisata ini bisa menjadi pilihan paket wisata murah di Jogja.

Lokasi Makam Adipati Pakualaman:

Makam ini berlokasi di atas Perbukitan Menoreh tepatnya di Desa Kaligintung, Temon, Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta berjarak sekitar 10 km dari kota Wates. Jika ingin mengunjunginya bisa sewa bus pariwisata di Jogja jika rombongan dalam jumlah besar.

Tips wisata di Makam Adipati Pakualaman:

  1. Bawalah baju yang sopan dan nyaman untuk ziarah.
  2. Pakailah alas kaki yang enak dipakai.
  3. Jangan lupa membawa air mineral untuk mengusir dahaga ketika haus.
  4. Jagalah ketenangan di dalam kawasan.
  5. Jagalah kebersihan kawasan wisata.